Kebebasan Bermedsos Bukan Berarti Tanpa Etika

Hi Sobatkeu, di zaman modernisasi ini, perkembangan penggunaan media sosial sedang pesat-pesatnya. 

Hal ini juga terjadi di Indonesia karena ada sekitar 175 juta penduduk Indonesia yang menggunakan internet dan 160 juta aktif bermedia sosial, artinya sekitar 64% atau lebih dari setengah penduduk Indonesia sudah merasakan akses ke dunia maya (data: We Are Social)

Media sosial menjadi sangat digemari mengingat penggunaannya yang murah, mudah, dan cepat. 

Kemudahan dan Kebebasan dalam berkomunikasi tetap harus diimbangu dengan penggunaan etika dalam bermedia sosial 

Sebagai calon ASN sudah seharusnya nih menjadi pelopor dalam beretika bermedia sosial yang baik bagi masyarakat Indonesia. 

8 etika komunikasi di media sosial yang wajib diketahui oleh ASN

  1. Memegang teguh ideologi Pancasila, mempertahankan UUD 1945 serta pemerintahan yang sah, mengabdi dan menjalankan tugas secara profesional dan tidak berpihak
  2. Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika yang luhur, memegang teguh nilai dasar ASN dan selalu menjaga reputasi dan integritas ASN.
  3. Menjaga kerahasiaan yang menyangkut kebijakan negara, memberikan informasi secara benar dan tidak menyesatkan kepada pihak lain yang memerlukannya terkait kepentingan dinas.
  4. Jangan menyalahgunakan informasi intern negara untuk mencari keuntungan bagi diri sendiri atau orang lain. 
  5. Gunakan sarana media sosial secara bijaksana, serta diarahkan untuk mempererat persatuan dan kesatuan NKRI. 
  6. Pastikan informasi yang disebarluaskan jelas sumbernya, dapat dipastikan kebenarannya, dan tidak mengandung unsur kebohongan.
  7. Jangan membuat dan menyebarluaskan Hoax, fitnah, provokasi, radikalisme, terorisme, dan pornografi.
  8. Hindari penyebarluasan informasi yang menimbulkan rasa benci dan permusuhan terkait SARA, melanggar kesusilaan, penghinaan dan/atau pencemaran nama baik, pemerasan dan/atau pengancaman.

Setelah mengetahui etika bermedia sosial bagi ASN, sekarang saatnya kalian, calon punggawa keuangan negara, memulai langkah awal dengan cara selalu menjaga sopan santun dalam bermedia sosial. 

Jangan jadikan kebebasan kalian dalam bermedsos sebagai alasan untuk mengabaikan etikanya ya!

Sumber: https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/asn-tak-bokleh-sebarkan-hoax-ada-delapan-hal-harus-diperhatikan-dalam-bermedsos

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *