Feminisme “Sejarah, Pemikiran, Perkembangan”

Kenali Feminisme

Sobatkeu, belakangan ini lagi banyak isu terkait feminisme yang lagi hangat nih. Sebelum kita bahas lebih lanjut, kenalan dulu yuk dengan gerakan feminisme!

Feminisme adalah gerakan sosial yang memperjuangkan kesetaraan gender di berbagai aspek, seperti pendidikan, ekonomi, sosial, dan politik.

Gerakan Feminisme adalah salah satu upaya untuk mengubah stereotip perempuan sebagai makhluk yang dinomorduakan dan diperlakukan tidak adil dalam masyarakat.

Penggagas Feminisme

Gerakan Feminisme awalnya bermula di Eropa pada abad 18-20. Tulisan Mary Wollstonecraft yang berjudul A Vindication of The Rights of Woman dianggap sebagai salah satu karya tulis feminis awal yang berisi kritik terhadap Revolusi Prancis yang hanya berlaku untuk laki-laki, tidak untuk perempuan.

Di Indonesia, kita juga punya RA Kartini yang memperjuangkan perempuan agar dapat mengecap pendidikan setara dengan laki-laki.

Bagaimana Feminisme Saat ini?

Gerakan Feminisme saat ini sudah berkembang pesat dimana banyak orang yang sadar akan isu-isu perempuan.

Namun ada beberapa orang yang salah dalam mengartikan Feminisme dengan gerakan yang “merendahkan” laki-laki. 

Padahal tujuan utama gerakan Feminisme adalah kesetaraan gender.

Feminisme bukanlah gerakan yang terdiri dari dan hanya mendukung perempuan 

Feminisme juga seharusnya saling mendukung dan mendorong perempuan untuk membuat pilihannya sendiri.

Isu Terkait Perempuan

Kekerasan Terhadap Perempuan

Berdasarkan Catatan Akhir Tahun Komnas Perempuan, terdapat 431.471 kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia yang terlaporkan pada tahun 2019.

Kasus ini mengalami peningkatan sebesar 6% dari tahun sebelumnya. 

Kekerasan terhadap anak perempuan sepanjang 2019 tercatat 2.341 kasus. 

STOP DISKRIMINASI TERHADAP PEREMPUAN

Dapat dilihat dari banyaknya kasus yang tercatat pada Catatan Akhir Tahun Komnas Perempuan bahwa masih banyak kasus kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan. 

Perempuan sudah selayaknya mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki dalam aspek pendidikan, politik, sosial, dan ekonomi.

Sumber: https://www.jurnalperempuan.org/warta-feminis/kekerasan-terhadap-perempuan-meningkat-delapan-kali-lipat-selama-12-tahun-terakhir

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *